Bitcoin Cash (BCH) | Salah Satu Hard Fork Bitcoin Yang Mendunia



Pada pukul 13:16 GMT hari Selasa 1 Agustus 2017, terjadi fork pada jaringan Bitcoin yang berujung pada pembentukan dua blockchain, dan fork tersebut dinamakan Bitcoin Cash. Mata uang digital baru ini disebut dengan "Bitcoin Cash", "BCash" dan menggunakan kode mata uang "BCH" atau "BCC". Luno menggunakan BCH sebagai kode untuk mata uang digital baru ini.

Proses Penciptaan Bitcoin Cash (BCH)
Perdebatan diantara pengembang Bitcoin Core memang sudah terjadi sejak lama, yaitu tentang masalah ukuran block yang bisa di terima Bitcoin Classic hanya kurang dari 1 MB, sedangkan pada waktu diciptakan Bitcoin Cash yang sudah support block 8 MB masih berada dalam satu atap Bitcoin Core.

Perbedaan ini menjadi masalah yang sangat besar, karena jika pada Bitcoin Classic (BTC) block kurang dari 1 MB di anggap valid, sedangkan block diatas 1 MB tidak dianggap valid. Padahal dalam 1 block saja terdapat ratusan bahkan ribuan transaksi dengan nominal yang besar dan harus di validasi.

Perdebatan tersebut terjadi selama beberapa tahun, kemudian muncul sebuah proposal untuk memisahkan skalabilitas Bitcoin Classic (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH). Proposal tersebut adalah Segwit2x yang diharapkan mampu menghasilkan optimasi / penghapusan Segregated Witness dengan peningkatan ukuran blok.
Kemudian pada tanggal 01 Agustus 2017, para pengembang dan penambang Bitcoin mengaktifkan fitur baru untuk memisahkan BCH dari Bitcoin Core yang mengakibatkan terciptanya Altcoin (koin alternatif baru).

Perbedaan Bitcoin Cash (BCH) dan Bitcoin Classic (BTC)


Ada dua perbedaan utama antara Bitcoin Cash (BCH) dengan Bitcoin Classic (BTC) yaitu :

1. Peningkatan skalabititas / ukuran block menjadi 8 MB.
2. Penghapusan SegWit.

Bitcoin Cash (BCH) menjadi koin alternatif baru dimana penambangan dan pasar jual beli nya, serta harga dimulai lagi dari 0.28 BTC. Sampai saat ini harga BCH hanya bisa mengejar 18% dari harga Bitcoin Classic (BTC) yang melambung tinggi.
Histori transaksi pada BCH juga masih sama dengan Bitcoin Classic (BTC) sampai pada saat perpecahan dan pemisahan jaringan terjadi.

Perbedaan lainnya yang sampai sekarang masih jadi rumor besar adalah, BCH akan mendukung bebrapa implementasi untuk perangkat lunak lain. Namun sampai dengan Oktober 2017 rumor tersebut belum terbukti dijalankan.

Apa yang terjadi pada Bitcoin Classic (BTC) setelah Hardfork Bitcoin Cash (BCH) terjadi?
Tidak ada perubahan yang terjadi pada Bitcoin Classic (BTC) setelah Hardfork dilakukan, karena hanya sebatas pemisahan jaringan / rantai blok saja.

Setelah Hardfork kebijakan yang didapatkan adalah pemegang wallet Bitcoin Classic (BTC) akan memiliki nominal yang sama pada wallet BCH. Artinya, jika sebelumnya pemegang wallet mempunyai 1 BTC, setelah update dilakukan akan muncul mata uang baru dan memiliki nominal 1 BCH.

Namun, harga tukar BCH dan BTC jelas sangat berbeda, nilai tukar BCH pada saat pertama kali dirilis adalah senilai 0.28 BTC.

Pertumbuhan Harga Bitcoin Cash (BCH)


Pada saat di rilis pertama kali pada tanggal 02 Agustus 2017, harga BCH/BTC adalah 0.28. setelah beberapa hari  dirilis belum ada pergerakan aktif pada market Criptocurrency (mata uang kripto) lainnya. 

Berbeda dengan Bitcoin pada saat Hardfork selesai dilakukan, pasar Bitcoin Classic (BTC) naik pesat, namun pasar Bitcoin Cash (BCH) mendapatkan respon sebaliknya. Entah kenapa, sentimen pasar pada saat Bitcoin Cash (BCH) dirilis menjadi sangat bearish. Bahkan, dalam 3 hari setelah Hardfork tersebut, harga Bitcoin Cash (BCH) turun dari 0.28 menjadi 0.08. 

Meskipun pada tanggal 18 Agustus 2017 harga Bitcoin Cash (BCH) kembali naik sampai dengan 0.17, namun sampai saat ini harga masih berada pada level 0.07 saja. Hal ini menunjukkan bahwa minat pada Bitcoin Classic (BCH) tidak sebesar Bitcoin Classic (BTC).
"SAPERE AUDE" Jangan Takut Untuk Berpikir Sendiri.