Litecoin (LTC) | Mata Uang Digital Sebagai Alternatif Bitcoin



Apa Itu Litecoin?
Litecoin (LTC ) atau Ł adalah cryptocurrency yang merupakan versi sederhana dari Bitcoin sebagaimana namanya. Saat ini, Litecoin termasuk ke dalam peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Litecoin memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2,5 menit (Bitcoin: 10 menit), yang berarti tingkat kemampuan transaksinya berjalan lebih cepat daripada Bitcoin. Penggunaan algorithmnya pun berbeda dimana Litecoin menggunakan scrypt, sedangkan Bitcoin menggunakan SHA2.

Litecoin bersifat Open-Source (terbuka untuk pengembangan umum), dan merupakan jaringan pembayaran global yang sepenuhnya terdesentralisasi tanpa otoritas pusat. Algoritma Matematika yang rumit mengamankan jaringan dan memberdayakan individu untuk mengendalikan keuangan mereka sendiri.

Litecoin memiliki waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat dan efisiensi penyimpanan yang lebih baik daripada mata uang kriptografis terkemuka lainnya. Dengan dukungan industri yang substansial, volume perdagangan dan likuiditas, Litecoin adalah media perdagangan yang telah terbukti saling melengkapi dengan Bitcoin.

Jadi secara sederhana, Litecoin atau dikenal dengan satuan LTC secara keseluruhan hampir sama dengan Bitcoin (BTC), yaitu mata uang terdesentralisasi berbasis blockchain yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia dengan menghilangkan pihak ketiga (perantara), atau biasa disebut dengan Peer-to-Peer (Individu-ke-Individu), sehingga jaminan keamanan transaksi dapat didapatkan secara penuh.
Sejarah Penciptaan Litecoin.

Litecoin diciptakan dan dirilis oleh Charles Lee, seseorang yang pernah menjadi karyawan Google, pada tanggal 7 Oktober 2011 melalui client Open-Source di GitHub. Litecoin diciptakan melalui Hardfork dari klien Bitcoin-Qt, dengan penurunan waktu penemuan blok, peningkatan total maksimum koin yang diciptakan (Max 84 Juta Koin), GUI yang dimaksimalkan, serta algoritma Hashing (PoW/Proof-of-Work) yang berbeda, yaitu menggunakan Scrypt bukan SHA-256 maupun Equishash seperti pada Bitcoin.

Dalam versi pengembangannya, Litecoin sudah mengalami beberapa update yang signifikan, mulai dari versi 0.8.5.1 yang dirilis pada November 2013, sampai pada versi 0.14.2 yang bisa kita gunakan sampai saat ini.

Tujuan dari pengembangan tersebut juga bermacam-macam, mulai dari pengurangan biaya transaksi yang drastis, kode keamanan yang diperbaiki, konfigurasi yang disempurnakan, serta penambalan bug keamanan Heartbleed.

Litecoin diciptakan sedemikian rupa untuk semua sistem umum yang ada di dunia ini, seperti Microsoft Windows, Mac OS x maupun Linux. Bahkan versi mobile juga diciptakan agar pengguna bisa merasa nyaman bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

Perbedaan Litecoin Dan Bitcoin
Ada beberapa perbedaan Litecoin dan Bitcoin yang menonjol yaitu :

1. Proses menghasilkan Blok yang lebih cepat. Jika pada Bitcoin, waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan blok adalah 10 menit, berbeda halnya dengan Litecoin yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2.5 menit untuk setiap blok yang diciptakan.

2. Waktu Transaksi yang lebih cepat. Karena proses menghasilkan blok diciptakan 4 kali lebih cepat dari Bitcoin, secara otomatis kecepatan verifikasi transaksi juga menjadi 4 kali lebih cepat.

3. Algoritma yang berbeda. Algoritma Proof-of-Work pada Bitcoin adalah SHA256 dan Equishash (pada Bitcoin Gold/BTG), berbeda dengan algoritma yang digunakan Litecoin, yaitu Scrypt, dimana penambangan dengan perangkat GPU lebih dikhususkan. Sebenarnya Scrypt disini merupakan modifikasi dari algoritma SHA256, namun dengan penghitungan yang lebih spesifik.

Cara Mendapatkan Litecoin
Mendapatkan Litecoin itu sama seperti mendapatkan koin lainnya seperti Bitcoin. Dengan cara menambang, baik dengan hardware ataupun dengan membuka web yang menyediakan free Litecoin atau Litecoin Faucet. Salah satu web Litecoin faucet yang cukup lumayan, yaitu web Free Litecoin Faucet coins2day.com


Litecoin juga membutuhkan dompet untuk penyimpanan. Koin-koin Litecoin di kumpulkan dalam sebuah dompet sebagaimana koin Bitcoin. Dan dari dompet Litecoin Anda dapat melakukan exchange ke bentuk rupiah. Dompet Litecoin ada yang berupa software di desktop komputer, ada juga yang berupa web di internet. 

Silahkan Anda mencoba atau menanyakan kepada master-master koin yang telah lama menggeluti dunia koin. Secara pribadi saya lebih menyukai dompet Litecoin yang berbentuk web, mudah dan simpel, keamanan pun terjamin.
"SAPERE AUDE" Jangan Takut Untuk Berpikir Sendiri.