Stellar Lumens (STR/XLM) | Mata Uang Digital Anti Spam



Stellar adalah sebuah platform terbuka atau network yang menghubungkan sistem pembayaran dengan pengguna yang diintegrasikan untuk mengtransfer dengan cepat, handal dan hampir tanpa biaya. Seperti yang pernah kita tahu, Stellar merupakan fenomena luar biasa hebat pada saat rilis pertama kali pada tahun 2014. Stellar ini merupakan salah satu cryptocurrency yang banyak peminatnya.

Stellar Network meningkatkan sistemnya dan menghasilkan cryptocurrency baru bernama LUMENS atau disingkat XLM,
yang mana sebelumnya adalah STELLAR atau disingkatSTR.
Lumens adalah aset asli jaringan Stellar. Asli berarti lumens dibangun ke dalam jaringan. Aset adalah bagaimana jaringan mengacu pada item nilai yang tersimpan di buku besar. Satu lumen adalah unit mata uang digital, seperti bitcoin.

Kenapa STELLAR harus upgrade ke LUMENS ?
Pada tahun 2014 jaringan Stellar diluncurkan dengan 100 miliar Stellar, nama asli dari aset asli jaringan. Pada tahun 2015, dengan diluncurkannya jaringan yang diupgrade, nama aset asli berubah dari Stellar ke Lumens untuk membedakannya dari : 

1) jaringan Stellar itu sendiri dan 2) Stellar.org, organisasi nirlaba yang berkontribusi terhadap pengembangan jaringan. Lumens merupakan product dari Stellar Development program yang Developernya berjumlah ribuan karena sifatnya open source. Singkatnya, Lumens lebih aman dari spam karena teknologinya yang terus diupgrade.

Apa Itu Stellar Lumens (STR/XLM) ?
Stellar Lumens atau biasa dikenal dengan satuan nilainya STR/XLM, merupakan salah satu platform Open-Source berbasis Blockchain seperti pada mata uang kripto pada umumnya, seperti Bitcoin (BTC), Ethereum(ETH), Litecoin(LTC) dan Altcoins lainnya. Keseluruhan kelebihan yang dimiliki dari basis penciptaan Blockchain juga turut dimiliki oleh mata uang kripto jenis ini.

Saat ini Stellar Lumens menempati posisi ke-13 dari keseluruhan 1.320 mata uang kripto yang saat ini sudah tersebar di seluruh belahan dunia. Stellar sudah mampu memiliki Total Valuasi Pasar senilai lebih dari $4 miliar, hanya dalam kurun waktu 3 tahun penciptaannya.


Stellar Lumens mengiklankan dirinya sebagai infrastruktur pembayaran terdistribusi dan terbuka, yang dibangun berdasarkan pemikiran bahwa masyarakat internasional membutuhkan jaringan keuangan di seluruh dunia yang terbuka untuk siapa pun.” Stellar Lumens akan memenuhi kebutuhan ini, menghubungkan individu, institusi, dan sistem pembayaran melalui platform.

Stellar Lumens diciptakan oleh Jed McCaleb, seorang programmer Amerika yang juga menciptakan Ripple sebelum pergi karena dia merasa Ripple menjadi terlalu terpusat. McCaleb juga mendirikan Mt Gox karena ia merasa bitcoin membutuhkan pertukaran, tetapi menjual ini sebelum runtuhnya Mt Gox.

Dengan demikian, tim Stellar Lumen ingin membuat transaksi moneter lebih murah, lebih cepat, dan lebih dapat diandalkan daripada sistem yang sedang berjalan. Selain itu, protokol mereka akan menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia dengan memungkinkan pembayaran lintas-negara yang lebih efisien.

Stellar Lumens pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 dengan jumlah 100 miliar keping (XLM). Kemudian pada tahun 2015 dilakukan Hardfork yang menghasilkan pemisahan antara 2 jaringan, yaitu:

1. Jaringan Stellar sendiri sebagai sarana Investasi, Penyimpan Kekayaan, Maupun Transaksi dan Perdagangan.

2. Stellar.org yaitu salah satu organisasi non-profit yang berkontribusi pada pengembangan keseluruhan jaringan Stellar.
Bagaimana Cara Kerja ?
Seperti (kebanyakan) kripto pada umumnya, Stellar Lumens memiliki kata kunci yang indah yang telah menjadi ciri khas teknologi blockchain: desentralisasi. Jaringan Stellar berjalan di server desentralisasi yang didukung oleh banyak individu dan entitas internasional. Server ini mendukung distributed ledger yang melacak data dan transaksi dijaringan.
Dalam prakteknya, protokol Stellar akan berfungsi seperti PayPal yang lebih inklusif dan lebih fleksibel. 

Untuk mulai menggunakan Stellar, Anda perlu memasukkan dana kedalam wallet di jaringan. Sama seperti bank atau PayPal, wallet ini kemudian menyimpan uang Anda dan mengeluarkan kredit ke dompet virtual Anda sebagai penggantinya.

Kelebihan Stellar Lumens (XLM)
Beberapa kelebihan turut diimplementasikan pada Stellar Lumens, semua inovasi dari Ledger Database Blockchain ter-desentralisasi juga turut dimiliki oleh Lumens. Namun, ada beberapa kelebihan yang mencolok pada Lumens dibandingkan dengan kriptografis lainnya.

1. Lumens memiliki peran Anti-Spam sampai tingkat terkecil.
Sebenarnya fungsi ini juga dimiliki oleh Ethereum (ETH) untuk mencegah terjadinya serangan DdoS atau sederhananya ribuan bahkan jutaan Request dalam satu waktu, yang biasanya menyebabkan kelambatan proses transaksi. 

Setiap transaksi akan dikenakan biaya kecil senilai 0.00001, sehingga niat jahat untuk membanjiri jaringan pun tidak akan dapat dilakukan. Bahkan jika ada yang berniat melakukannya, secara otomatis dana yang dimiliki penyerang tersebut akan terkuras sebelum serangan tersebut dapat merusak jaringan.

2. Minimum saldo 20 Lumens.
Fitur seperti ini hanya diterapkan di Lumens saja, dimana nasabah harus menyisakan minimal 20 Lumens pada wallet mereka. Persyaratan seperti ini akan memastikan bahwa akun yang dipegang adalah akun asli, sehingga pihak-pihak yang sekedar “Iseng” tidak dapat ikut andil didalam jaringan.


3. Lument dapat memfasilitasi transaksi multi mata uang.
Fungsi ini juga turut diadopsi dari Ripple (XRP) yang bertujuan untuk meruntuhkan seluruh batas transaksi yang ada. Tidak ada batasan pertukaran Lumens ke berbagai mata uang kripto lainnya (BTC, ETH, LTC, XRP dan lain-lain), maupun kepada mata uang konvensional lain (EUR, USD, GBP, bahkan Rupiah). Jadi, peran Exchanger sebagai pihak ketiga juga dalam pertukaran nilai mata uang pun juga turut dihapuskan. Meskipun Exchanger juga masih tetap bisa melayani pengguna yang tetap memaksa memakai jasa pihak ketiga.


Bagaimana cara dapetin XLM atau LUMENS gan ?
Ada 2 cara dapetin lumens (XLM) :

1. Investasi & trading lewat markethttp://coinmarketcap.com/currencies/stellar/#markets
Cara yang ini, seperti cryptocurrency biasa, agan bisa beli di salah satu trading market yang sudah support XLM, yaitu :
- Poloniex :https://poloniex.com/exchange#btc_str
- Bittrex : https://bittrex.com/Market/Index?MarketName=BTC-XLM
- Bitcoin.co.idhttps://vip.bitcoin.co.id/strbtc

2. Giveaway rutin yang daiadain oleh community milik stellar

Cara yang ini merupakan cara yang saya rasa cocok untuk kita. Dari sekian metode, stellar network selalu memberikan metode giveaway sebagai distribusi cryptocurrency nya. Mereka nyebutnya mandate. 
"SAPERE AUDE" Jangan Takut Untuk Berpikir Sendiri.